Senin, 06 Mei 2013

Sekilas tentang Purworejo



Purworejo, suatu daerah kecil disebelah barat Daerah Istimewa Yogyakarta. Mungkin masih banyak orang yang belum mengenal daerah ini. Tapi, untuk sebagian orang yang sering ke jogja menggunakan kendaraan pribadi mungkin sedikit mengenal daerah ini. Mereka yang meluangkan waktunya untuk rehat atau sekedar mencari jajanan khas, di Purworejo ada dawet hitam yang khas, yang cukup banyak berjejer di pinggir jalan. Banyak para pengguna jalan yang menyempatkan waktunya untuk menikmatinya, apalagi kalau cuaca panas seperti akhir-akhir ini pasti kios-kios dawet ramai pembeli.
Tidak hanya dawet hitam yang khas dari kota kecil ini, ada pula makanan yang cukup unik dari nama dan bentuknya, clorot namanya. Iya, makanan yang khas dan cukup unik ini bisa dibeli pasar tradisional di purworejo. Makanan ini manis karena menggunakan gula jawa, tidak cuma manis, makanan yang cukup unik ini dijamin bisa membuat ketagihan untuk menikmatinya.
Bukan hanya makanan yang khas saja yang ada di Purworejo ini. Dari segi wisata religi, purworejo memiliki bedug yang kononnya terbesar di seluruh dunia. Bedug ini ditempatkan di masjid Agung Purworejo. Bedug ini hanya dipergunakan tiap hari besar saja. Bedug ini juga dikelilingi pagar, agar bedug ini terjaga dari tangan-tangan para pengunujung yang penasaran memegangnya ataupun usil.
Mungkin inilah gamabaran kecil dari kota kecil bernama kecil di sebelah barat Daerah Istimewa Yogya karta yang memiliki cukup banyak sejarah. 

0 komentar:

Posting Komentar